Cara Memperkuat Sistem Imun Tuk Tangkis Covid-19

Sistem imun adalah sistem pertahanan tubuh terhadap mikro organisme patogen. Jika sistem kekebalan ini terganggu atau drop, maka bakteri dan virus dapat dengan mudah masuk serta merusak tubuh manusia hingga muncul berbagai penyakit. Ada banyak hal yang dapat melemahkan daya tahan tubuh seseorang, antara lain faktor usia, kondisi tubuh kurang gizi, penyakit bawaan, juga kondisi lingkungan yang tidak sehat. Itulah mengapa fungsi sistem imun harus selalu dijaga.

Memperkuat sistem imun menjadi penting terutama di masa pandemi seperti saat ini. Novel coronavirus 2019 (2019-nCoV) a.k.a virus Corona telah menjadi pandemi global karena menyebar ke seluruh dunia. Data yang dilansir covid19.go.id, per tanggal17 Desember 2020, ada lebih dari 72 juta orang dari 222 negara di dunia yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sementara di Indonesia, di tanggal yang sama, kasus positif Corona mencapai 643.508 orang.

Seperti virus lainnya, Corona menyerang dan memberi dampak sakit bahkan kematian kepada manusia yang rendah imunitas tubuhnya.

Apa yang dapat kita lakukan?

Di bawah ini, dibahas beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga dan memperkuat sistem imun agar terhindar dari beragam penyakit, termasuk Covid-19.

Memperkuat Sistem Imun Lewat Makanan Sehat

Untuk menjaga imunitas tubuh, diperlukan asupan nutrisi yang cukup. Ini dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan sehat.

makanan-sistem-imun-antioksidan
  1. Makanan kaya antioksidan baik untuk menambah kekebalan tubuh. Makanan yang disebut super food ini umumnya terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Contohnya bayam, kale, brokoli, blueberry, strawberry, plum, jeruk, anggur, ceri, dan masih banyak lagi.
  2. Makanan tinggi vitamin C juga penting untuk memperkuat sistem imun. Contohnya paprika, jambu biji dan pepaya. Buah-buahan ini kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh.
  3. Tanaman herbal banyak diteliti karena khasiatnya yang juga dapat meningkatkan pertahanan tubuh, serta mengobati berbagai penyakit. Beberapa tanaman herbal yang baik dikonsumsi misalnya jahe, bawang putih, minyak kelapa murni (VCO), adas, sering digunakan sebagai obat anti virus yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  4. Jika diperlukan, suplemen makanan juga dapat dikonsumsi sebagai penunjang daya tahan tubuh. Suplemen pilihan untuk meningkatkan imunitas tubuh dari serangan virus adalah vitamin C 1000 mg, vitamin B kompleks, serta vitamin E.

Memperkuat Sistem Imun dengan Menjaga Kebugaran

Jika asupan nutrisi telah kita penuhi, hal lainnya yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga kebugaran. Bugar artinya tubuh mempunyai kemampuan untuk melakukan berbagai kegiatan dengan penuh energi. Kondisi tubuh yang bugar akan menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit.

sistem-imun-olah-raga

Kebugaran tubuh dapat diperoleh dengan :

1. Rutin berolahraga

Olahraga yang dilakukan rutin diketahui punya efek yang lebih baik terhadap sistem imun dibandingkan yang hanya sesekali.

2. Cukup istirahat

Kurang tidur terbukti bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh, mulai dari menurunnya kebugaran hingga penurunan imunitas. Kerena itu pastikan tidur yang cukup agar tubuh kita lebih kuat melawan paparan virus.

3. Mengelola stres

Stres terutama yang berkepanjangan dapat mengganggu kerja kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Oleh karenanya, agar dapat kuat melawan infeksi virus harus diupayakan untuk dapat mengelola  stres dengan baik. Ini bisa dilakukan misalnya dengan meditasi atau melakukan hobi.

Memperkuat Sistem Imun dengan Vaksin

Harapan penanganan pandemi Covid-19 datang dari pemerintah. Dalam waktu dekat Kementerian Kesehatan RI merencanakan vaksinasi nasional untuk menjangkau seluruh masyarakat. Yup, setelah melalui serangkaian uji klinis, dan menunggu izin edar, Vaksin Sinochem direncanakan akan disebar luas sebagai salah satu upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Vaksin produksi Sinovac Biotech China ini dibuat dengan teknologi inactivated virus atau virus yang tidak aktif lagi yang berfungsi memicu sistem kekebalan tubuh terhadap virus, tanpa mengakibatkan respons penyakit yang serius. 

Vaksin-sistem-imun

Semoga rencana vaksinasi nasional nanti berjalan lancar ya. Apalagi Presiden telah menyebutkan bahwa vaksin yang akan disebarluaskan ini tidak dipungut biaya  untuk masyarakat alias free.

Btw, info lengkap tentang vaksin Covid-19 atau artikel kesehatan lainnya bisa diikuti di Halodoc lho. Aplikasi solusi kesehatan lengkap ini bisa diunduh melalui Playstore dan AppStore. Praktis deh. Chat konsultasi dokter, daftar dan perjanjian rumah sakit, beli obat, info cek laboratorium termasuk tes rapid dan PCR, hingga update informasi seputar kesehatan, semua bisa lewat satu aplikasi Halodoc. Udah pada download belum?

*Sumber gambar: Canva

7 komentar pada “Cara Memperkuat Sistem Imun Tuk Tangkis Covid-19

  • Desember 22, 2020 pada 11:05 am
    Permalink

    Terima kasih tipsnya. Di samping nutrisi yang baik, juga olahraga rutin, cukup istirahat, jaga protokol kesehatan, dan jangan stres. Penting untuk selalu berpikir positif, bahagia, dikelilingi lingkungan yang positif dan optimis, serta mencari kegiatan yang menghibur+bermanfaat. Kadang bikin stres juga liat acara tv tentang korupsi, kriminal, sinetron ga jelas diulang2, dan dengar lagu sedih hehe..

    Balas
  • Desember 22, 2020 pada 10:55 pm
    Permalink

    Syukurlah sebentar lagi sudah ada vaksin anti covid dari pemerintah, gratis lagi..mudah2an dengan adanya ini pandemi dapat segera berakhir ya 🙂

    Balas
  • Desember 23, 2020 pada 12:38 am
    Permalink

    Sepertinya yang paling ditunggu-tunggu adalah vaksin gratis dari pemerintah ya. Soalnya upaya pemenuhan protokol dan menjaga kesehatan dari sisi kita udah dilakukan. Mulai dari pakai masker, rajin cuci tangan, cuci pakaian apalagi kalau habis keluar rumah. Sampai makan makanan bergizi yang mampu membangun sistem ketahanan imun. Andalan saya juga bikin kacang hijau, wedang uwuh, teh serai dikasih madu dan jahe. 😀

    Balas
  • Desember 23, 2020 pada 8:15 am
    Permalink

    Iya ya menjaga imun sistem memang sangat penting apalagi masa pandemi.. jangan lupa juga untuk istirahat dan menjaga kesehatan mental agar nggak stress karena pandemi

    Balas
  • Desember 23, 2020 pada 10:27 am
    Permalink

    semuanya memang harus dijalankan untuk mendapatkan hasil maksimal ya. makanan sehat, olahraga, sangat membantu menjaga imun tubuh kita tetap terjaga dan pastinya penambahan vaksin akan membuat semuanya makin maksimal

    Balas
  • Desember 23, 2020 pada 1:08 pm
    Permalink

    Bersyukur saya selama pandemi ini jadi lebih sering makan di rumah. Makan buah pun juga lebih sering dari biasanya. Olahraga ini memang syarat wajib biar badan tetap bugar. Semoga semua yang membaca komentar ini diberi kesehatan dan bahagia selalu.

    Balas
  • Desember 23, 2020 pada 1:20 pm
    Permalink

    selain menjaga imun, kesadaran akan sekitar juga penting ya. terkadang kitanya udah menjaga makanan, olahraga, pakaimasker, eh tapi sekitar masih pada nongkrong-nongkrong bebas atau ngajak ngbrol tapi engga pakai masker 🙁 Mudah2an kita semua selalu dilindungi ya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *