Memilih Ikan Segar, Bagaimana Caranya?

Kuliks pasti tak asing lagi dengan kuliner berbahan dasar ikan segar. Apalagi untuk penggemar ikan, mungkin sering menjadikan aneka hidangan ikan sebagai salah satu pilihan menu dalam memanjakan lidah. Di berbagai rumah makan, restoran serta industri kuliner lainnya, para penyaji hidangan kuliner pun kerap menjadikan ikan sebagai highlight dalam rentetan menu kuliner yang tersaji.

Namun sering kali sajian kuliner jadi tidak enak dan bahkan tak dapat disantap karena kesalahan pemilihan ikan sebagai bahan dasar hidangan. Ikan air laut maupun air tawar yang digunakan sebagai bahan dasar berbagai menu makanan itu seharusnya dipilih ikan segar yang baru atau belum lama diambil dari habitatnya, agar terjaga rasa dan kandungan gizinya. Ikan yang tidak segar, bisa mengandung bakteri merugikan yang bikin keracunan makanan atau gangguan kesehatan bagi para penikmat kuliner.

ikan-di-lemari-pendingin
Ikan di lemari pendingin

Dari beberapa informasi yang bisa dikumpulkan di sini, Kuliks perlu juga menyimaknya bagaimana memastikan ikan segar yang akan dibeli, sehingga hasil olahan ikan tersebut akan menjadi santapan yang mengugah selera dan jadi sumber asupan yang penuh nutrisi yang menyehatkan. 

Tips Mengecek Ikan Segar atau Tidak

Banyak tips yang bisa dibaca dan dipraktikkan untuk memastikan kesegaran ikan.  Berikut adalah 5 hal yang perlu diperhatikan untuk memilih ikan untuk dikonsumsi.

cek-ikan-segar

1. Mata Ikan

Paling pertama yang bisa diamati untuk menemukan ikan yang segar adalah dengan memperhatikan kedua mata si ikan. Mata ikan yang segar akan terlihat cerah, jernih dan segar. Permukaan mata pun kenyal dan menonjol saat diraba.  Jika mata ikat terlihat merah berarti ikan sudah tidak layak dikonsumsi. Atau jika mata ikan tersebut berwarna putih keruh, berarti ikan tersebut sudah terlalu lama disimpan dalam lemari pendingin. 

2. Bau Ikan

Ikan yang segar memiliki aroma amis yang khas dan dengan aroma asin yang ringan seperti aroma air laut. Jika tercium aroma amis yang berat, maka Kuliks perlu untuk memeriksa lebih lanjut atas tingkat kesegaran ikan tersebut. 

3. Warna Ikan

Daging ikan memiliki kecenderungan warna putih terang, walaupun beberapa ikan memiliki kekhasan warna lain. Pilih daging ikan yang memiliki warna cerah, tidak kusam dan kulitnya tampak mengkilap. Sisik ikan biasanya masih menempel dan tidak mudah lepas saat ditarik. 

4. Daging Ikan 

Tekstur daging ikan lembut, kenyal dan kencang, tidak kusam dan lunak. Untuk ikan yang dijual dalam bentuk fillet, periksalah struktur daging halus dan utuh, tidak pecah atau terkelupas. Pastikan daging ikan tidak berlendir. 

5. Insang Ikan 

Pastikan insang ikan bersih dan berwarna cerah. Ikan yang telah lama disimpan, insangnya  akan terlihat kusam dan berubah warna menjadi agak gelap atau kecoklatan. Semakin merah warna insang ikan, semakin segar kualitas ikan tersebut. 

Nah jika bahan dasar sudah terpilih dengan baik, tinggal diolah menjadi aneka hidangan yang lezat tuk keluarga. Ide menu berbahan ikan misalnya seperti di bawah ini. Klik untuk tau resepnya ya..

  1. Ikan Patin Rica Kemangi
  2. Sop Ikan Dori
  3. Gurame Masak Tauco
  4. Bawal Bumbu Pecak

Selamat menyajikan kuliner lezat dari bahan dasar ikan segar yang penuh dengan nutrisi.

*Sumber Gambar: Canva

13 komentar pada “Memilih Ikan Segar, Bagaimana Caranya?

  • Desember 15, 2020 pada 1:39 pm
    Permalink

    Tips wajib nih buat beli ikan yaaa. Saya juga selalu melakukan hal yang sama saat membeli ikan baik di pasar dan swalayan. Terimakasih mba udah membagi tipsnya yang sangat bermanfaat 🙂

    Balas
  • Desember 15, 2020 pada 4:19 pm
    Permalink

    Terima kasih tipsnya. Kalau secara fisik, ikan yang tidak fresh itu amisnya beda cenderung tercampur bau seperti bangkai juga hehe.. Lalu ikan yang tidak fresh warnanya pucat dan berlendir. Pas dimasak pun ikan yang tidak fresh aromanya pun tidak enak, ada lengket2 juga

    Balas
    • Desember 16, 2020 pada 10:05 pm
      Permalink

      Makasih tipsnya kak, aku catat pokoknya musti liat mata, insang bau juga musti dicek ya, kadang suka kesel kalo dapat ikan yang ga seger

      Balas
  • Desember 15, 2020 pada 5:16 pm
    Permalink

    Iya benar, harus tahu cara menentukan mana yang segar.dan tidak. Kalau perlu jangan jijik menyentuhnya hehe. Yang segar kenyal. Yang sudah gak segar keriput.

    Balas
  • Desember 16, 2020 pada 8:16 am
    Permalink

    sebagai orang yang lagi belajar masak ini sangat penting mba tahu ikan-ikan segar apalagi kalau belanjanya di pasar tradisional gitu, kan banyak pilihan jadi harus jeli mana yang ikan segar mana yang enggak, bermanfaat sekali ini tipsnya buat saya

    Balas
  • Desember 16, 2020 pada 8:42 am
    Permalink

    Makasih infonya.. sangat dibutuhkan untuk saya karena di rumah memang pernah makan ikan yang matanya sudah merah dan jadi merah merah deh wajah saya..

    Balas
  • Desember 16, 2020 pada 11:26 am
    Permalink

    Ternyata segar tidaknya ikan bisa dilihat dari warna matanya ya…kalau tahu tips memilih ikan segar pasti kita gak akan keliru lagi saat membeli ikan. Makasih mbak atas tipsnya.

    Balas
  • Desember 16, 2020 pada 11:57 am
    Permalink

    Makasih tipsnya. Saya pernah sekali beli ikan yang kurang segar, dimasak pun tidak enak dan baunya seperti bangkai. Jadi bikin nggak selera makan lagi. Semoga dengan tips ini saya bisa selalu mendapat ikan segar.

    Balas
  • Desember 16, 2020 pada 3:07 pm
    Permalink

    Makasi tipsnya ya mba, saya cuman taunya melihat dari mata ikan saja, ternyata juga bisa dilihat dari warna dan bentuk insang juga ya

    Balas
  • Desember 16, 2020 pada 8:22 pm
    Permalink

    Makaci atas tipsnya ya, Mbak. Sekeluarga suka sekali makan ikan. Kandungan vitamin dan gizinya banyak.

    Balas
  • Desember 16, 2020 pada 9:23 pm
    Permalink

    Aku suka jajan ikan ke Pantai Depo, Deket Parangtritis. Disanalah keluarga kalau mau makan ikan, bisa bebas pilih ikan & bisa dinikmati di pinggiran pantai. Makasih y mbak tipsnya, jadi lebih bisa waspada skrg biar dpt ikan seger

    Balas
  • Desember 19, 2020 pada 11:54 am
    Permalink

    Makasih tipsnya bund sangat membantu banget

    Balas
  • Desember 20, 2020 pada 8:23 pm
    Permalink

    Wah…tips nya sangat membantu, apa lagi buat orang yang tempat tinggalnya jauh dari pantai atau laut, rasa-rasanya sangat sulit mendapatkan ikan yang segar, karena terkendala jarak distribisi juga, tapi paling tidak dengan mengetahui triknya jadi bisa lebih selektif pilih ikan di pasaran.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *