Cara Unik Makan Bayam: Dadar Gulung Bayam

Kue dadar gulung adalah salah satu jajanan pasar khas Indonesia yang mudah ditemui di mana-mana. Umumnya warnanya hijau dengan isian manis berupa adonan kelapa parut dan gula merah. Rasanya yang khas bikin kudapan ini banyak disukai semua kalangan.

Kali ini ada resep dadar gulung dengan isian asin yang tak kalah enak. Sehat pula karena menggunakan bahan sayur dan ayam yang bergizi. Kuy simak resepnya di bawah ini.

Resep Dadar Gulung Bayam

resep-dadar-gulung-bayam

Bahan-Bahan

  • Bayam 2-3 ikat
  • Air untuk merebus
  • Tepung terigu 150 gr
  • Santan cair 350 ml. Bisa juga menggunakan santan bubuk ± 4-5 sendok makan yang dicairkan dengan air 300 ml
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bawang putih 5-6 siung (ukuran sedang) atau jenis kating sebanyak 2-3 siung
  • Ayam giling 300 gray
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Membuat Kulit Dadar

  1. Bayam 2 ikat, petik daun nya saja, cuci bersih
  2. Rebus air hingga mendidih, masukkan daun bayam, rebus sekitar 1 menit, tiriskan
  3. Blender rebusan bayam dengan sedikit air sekitar 1 menit
  4. Tuang bayam yang sudah diblender ke dalam wadah, campur dengan tepung terigu dan santan, aduk sampai tercampur rata
  5. Tuang minyak sedikit di wajan, ratakan, lalu tuang sekitar 1 sendok sayur adonan kulit, ratakan, angkat, sisihkan, lakukan sampai semua adonan habis. Membuat kulit dadar gulung ini jangan terlalu tebal, karena akan susah untuk tahap menggulung. Jangan juga terlalu tipis karena akan mudah sobek.

Cara Membuat Isian

  1. Petik daun bayam (½-1 ikat bayam), cuci bersih
  2. Geprek bawang putih, cincang halus
  3. Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum
  4. Masukkan ayam giling, aduk-aduk sampai tidak menggumpal dan matang merata
  5. Tambah garam, gula, merica, boleh tambah kaldu bubuk/penyedap jika perlu
  6. Masukkan daun bayam, aduk
  7. Jika sudah matang, matikan api dan sisihkan

Cara Menggulung

  1. Siapkan kulit dadar gulung di piring, tuang isian sekitar 1 sendok makan di ¾ bagian bawah kulit dadar gulung
  2. Lipat bagian ujung bawah, kanan, kiri, lalu gulung ke atas
  3. Lakukan untuk semua kulit dadar
  4. Sajikan dengan saus sambal/saus tomat sesuai selera

Video masak step by stepnya klik di bawah ini ya.

-Nad-

10 thoughts on “Cara Unik Makan Bayam: Dadar Gulung Bayam

  • Desember 8, 2020 pada 2:31 am
    Permalink

    makasih resepnay, ini juag bagus baut anak yang gak suak sayur, dibikin spt ini pasti bakal suka

    Balas
    • Desember 9, 2020 pada 7:10 am
      Permalink

      Wah dadar gulung versi sehat ya. Kalau gini, anak jadi tergugah makan ya. Warnanya cantik, hijau gitu

      Balas
  • Desember 8, 2020 pada 8:49 am
    Permalink

    Wah seneng banget nih saya ketemu sama resep ini, soalnya anak saya susah buat makan sayur . Tapi kalau sayurnya dimasak seperti ini pasti bakalan suka. Makasih kak atas resepnya, nanti langsung mau dicoba…

    Balas
  • Desember 9, 2020 pada 8:01 am
    Permalink

    dadar gulung bayam saya baru dengar mba, belum pernah buat. bahannya cukup mudah dicari, cara buatnya juga lumayan mudah ya, bisa saya cobain di rumah niy mba

    Balas
  • Desember 9, 2020 pada 8:02 am
    Permalink

    Wah makasih banget. Saya suka sekali makan bayam, kayak Popeye ya. Ahahaa. Tapi biasanya makan dalam bentuk sayur bayam. Kapan-kapan bisa dicoba ini resepnya biar enggak monoton.

    Balas
  • Desember 9, 2020 pada 9:42 am
    Permalink

    Dari dulu pingin buat ini maju mundur aja.. artikelnya membuat saya lebih bersemangat untuk mencobanya.. makasih

    Balas
  • Desember 9, 2020 pada 12:55 pm
    Permalink

    Wah bisa ya bayam dijadikan bahan dasar dadar gulung. Selama ini image-nya kue dadar gulung kan rasanya manis.

    Balas
  • Desember 9, 2020 pada 5:23 pm
    Permalink

    Ini bikin penasaran sama rasanya deh, langka juga resepnya. Berarti gurih gitu y mbak di lidah. Rekomendasi menu baru ini, besok cobain ah klo pas kumpul keluarga. biar bisa icip bareng

    Balas
  • Desember 9, 2020 pada 6:23 pm
    Permalink

    Wah biasanya saya makan dadar gulung isi unti kelapa parut ..sekarang ada isi bayam dan ayam giling..pastinya lebih sehat ya mbak besok tak coba ahh

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *