Tips Asyik

Ketahui Serba Serbi MPASI tuk Adik Bayi

Kali ini Kuliner Asyik akan membahas MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Informasi tentang makanan bayi ini seringkali dibutuhkan terutama tuk para ibu yang baru punya anak usia 6 bulan. Cekidot artikelnya yuk.

MPASI lazim diberikan saat bayi menginjak usia 6 bulan karena pada usia tersebut, ASI ekslusif yang selama ini jadi makanan tunggal si bayi, sudah tidak dapat memenuhi gizi atau nutrisi yang dibutuhkan.

Aktivitas bayi memang makin meningkat mulai usia 6 bulan, so diperlukan tambahan energi dan gizi. Selain itu, pada masa usia ini, pencernaan bayi sudah berkembang sempurna sehingga siap menerima makanan lain selain ASI. MPASI juga jadi sarana belajar makan bagi bayi, sehingga kelak ia dapat makan makanan keluarga.

Bayi dikatakan siap menerima MPASI jika ia sudah dapat duduk sendiri dengan kepala tegak dan stabil, refleks menjulurkan lidah maupun muntah telah berkurang. Ciri lainnya adalah ketika bayi mulai tertarik saat melihat orang dewasa makan, serta tampak masih lapar meski sudah minum ASI.

mpasi
Ilustrasi bayi siap makan

Menurut WHO pemberian MPASI yang baik harus diberikan tepat waktu, adekuat, aman dan responsif.

  • Tepat waktu, yaitu diberikan saat ASI sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.
  • Adekuat berarti makanan yang diberikan harus dapat memenuhi kebutuhan gizi makro dan mikro agar tercapai tumbuh kembang optimal.
  • Aman yaitu proses persiapan, pembuatan dan penyajian menggunakan cara, alat dan bahan yang aman.
  • Responsif bahwa MPASI diberikan pada bayi secara konsisten dengan memperhatikan sinyal lapar dan kenyangnya.

WHO tidak merekomendasikan pemberian menu tunggal. Hal ini dikarenakan menu tunggal tidak mampu memenuhi nutrisi yang diperlukan bayi. Menu yang direkomendasikan dikenal dengan menu 4 bintang, yang dapat memenuhi semua kebutuhan nutrisi bayi kecuali lemak. Menu 4 bintang terdiri dari karbo seperti beras, jagung, kentang dan ubi. Protein hewani seperti daging, ikan, telur dan ayam. Protein nabati seperti kacang hijau, edamame, buncis, kacang merah. Sayur/buah seperti bayam, brokoli, wortel, pisang, alpukat.

Ada pula istilah menu 4 kuadran, terbaru dari WHO. Menu ini terdiri atas karbo, protein hewani, serat dan lemak. Penambahan lemak berupa EVOO, butter, santan. Sedangkan protein nabati dapat dihilangkan.

MPASI Homemade & MPASI Instan Terfortifikasi

Jadi tantangan tersendiri buat para ibu untuk membuat MPASI sendiri di rumah (homemade). Dituntut kreativitas dengan bahan makanan yang tersedia di rumah, sehingga adik bayi tidak bosan dengan menu makannya. Selain itu, ibu juga perlu memperhatikan proporsi bahan-bahan makanan yang dimasak agar nutrisi bayi terpenuhi sesuai kebutuhan.

mpasi-homemade
Makanan bayi homemade

Yang perlu dicatat adalah, bayi tidak membutuhkan serat sebanyak orang dewasa. Terlalu banyak serat justru akan membuat bayi sembelit.

MPASI instan terfortifikasi bisa jadi pilihan bagi ibu yang sibuk bekerja, atau saat ibu dan bayi bepergian. Makanan bayi instan terfortifikasi ini harus memenuhi persyaratan dari BPOM dan Codex Alimentarius WHO sehingga aman untuk dikonsumsi bayi. Persyaratan tersebut antara lain tidak mengandung pengawet, perasa sintetis, pemanis buatan atau bahan-bahan lain yang berbahaya bagi bayi. MPASI instan terfortifikasi ini juga mengandung zat gizi mikro maupun makro yang dibutuhkan bayi.

Perlengkapan MPASI

Untuk membuat MPASI sendiri/MPASI homemade, ibu dapat menggunakan peralatan masak yang sesuai dengan budget. Atau jika ingin hemat budget, bisa juga kok pakai peralatan masak yang sudah ada. Seperti panci untuk memasak bubur serta saringan untuk menghaluskan bubur dan membuat puree buah-buahan.

mpasi-perlengkapan
Slow cooker dan food processor

Jika ada budget lebih, slow cooker dapat jadi pilihan. Memasak MPASI dengan slow cooker sangat simpel, cukup masukkan bahan-bahan makanan yang akan dimasak, lalu atur timer. Setelah matang, bubur disaring atau diblender sesuai tekstur yang diinginkan. Kelebihan lain dari slow cooker adalah terjaganya nutrisi dari bahan makanan yang dimasak.

Peralatan lain yang dapat digunakan adalah food processor. Beberapa food processor khusus makanan bayi memiliki fungsi mengukus serta menghaluskan. Dengan food processor ibu tak perlu repot untuk menyaring.

-SQ-

Daftar pustaka :
*dr. Meta Hanindita, Sp.A (K) , Mommyclopedia : 567 Fakta tentang MPASI
*dr. Meta Hanindita, Sp. A (K), Mommyclopedia : 78 Resep MPASI

10 komentar pada “Ketahui Serba Serbi MPASI tuk Adik Bayi

  • Senang juga jaman sekarang ada alat food processor yang bisa digunakan untuk mengkukus dan menghaluskan makanan… kebayang jaman saya dulu, selalu menyaring bubur untuk si kecil, butuh waktu dan kesabaran banget melakukan ini,

    Balas
  • Ilmu memang selalu berubah ya. Zaman anak-anak saya MPASI 12 dan 7 tahun lalu, menu yang dianjurkan WHO adalah menu tunggal. Beberapa tahun belakangan jadi menu 4 bintang. Yang penting anak-anak mendapat MPASI yang terbaik ya.

    Balas
  • Wah sekarang ada slow cooker, para mama muda jadi sangat terbantu sekali kalau mau buat MPASI. Saya dulu belum mengenal slow cooker jadi kalau mau buat MPASI di tim terkadang dihaluskan pakai sendok.

    Balas
  • Apakah fungsi slow cooker bisa diganti dengan panci yang dimasak dengan api kecil ? (hemat peralatan dapur)

    Balas
    • KuAs

      Bisa kak, asal jangan lupa sering diaduk ya supaya bubur tdk gosong.

      Balas
  • Alat-alat modern kayak gitu memang memudahkan banget, tapi kembali pada isi dompet. Kalau punya lebih bisa langsung beli

    Balas
  • Ada slow cooker itu membantu ya. Dulu waktu merawat adik saya yang masih kecil belum ada teknologi itu. Jadinya ngalusin makanan ya pakai sendok, sampai pegal. Omong-omong makanan bayi halus ini juga bisa untuk orang stroke. Saya dianjurkan dokter waktu merawat almarhum bapak saya. Biasanya orang yang stroke juga tidak bisa makan makanan keras.

    Balas
  • Sekarang peralatan MPASI tambah lengkap ya seperti slow cooker dan food prosessor ini jadi tambah ringkas pekerjaan bunda untuk menyiapkan mpasi terbaik, adek bayi pun bisa makan dengan lahapnya 🙂

    Balas
  • Barusan dapat cerita dari teman yang ibu mertuanya tidak sejalan dengan pedoman MPASI seperti ini. Ujian juga ya …. semangat ya ibuibu yang masih masa MPASI bayinya.

    Balas
  • food processor memang sahabat para Bunda ya, sangat praktis dan juga mudah digunakan 😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *