Kenali Ragam Jenis Keju untuk Sajian Kuliner

Keju merupakan produk kuliner olahan berbahan dasar susu yang punya cita rasa yang khas. Para penikmat kuliner dan cheese lover pasti tau, ada banyak jenis keju yang lezat. Bahan makanan khas Eropa ini punya rasa alami yang gurih sehingga mampu menambahkan dan menguatkan sajian rasa pada menu hidangan ala Barat.

Masing-masing jenis keju pun punya keistimewaan dan fungsinya masing-masing lho. Berikut adalah beberapa jenisnya yang banyak ditemui pada aneka hidangan di Indonesia maupun dunia.

6 Jenis Keju Terpopuler

1. Keju Cheddar

Merupakan jenis keju yang banyak ditemui di pasaran. Keju Cheddar banyak terdapat pada sajian kuliner sebagai bahan taburan pada salad, bolu keju panggang dan hidangan dengan citarasa gurih lainnya. Memiliki tektur yang padat dan cukup keras serta berwarna kekuning-kuningan.

jenis-keju-cheddar-cheese
Cheddar Cheese (pict. : cnn.com)
philipinos-cup-cake
Taburan keju di cupcake

2. Keju Parmesan

Proses pembuatan Parmesan bisa mencapai 1 tahun atau 12 bulan, sehingga keju ini harganya yang cukup tinggi dibanding dengan keju lainnya. Parmesan tersaji dalam bentuk padat dan juga bubuk. Keju keras ini banyak digunakan sebagai taburan di atas sajian kuliner seperti hidangan pasta, risotto dan roti. Memiliki cita rasa yang tidak terlalu kuat dan beraroma manis.

jenis-keju-parmesan-cheese
Parmesan Cheese (pict : thekitchn.com)

3. Keju Mozzarella

Mozzarella terbuat dari campuran susu sapi yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan tektur yang sangat lembut dan lunak. Cara terbaik dalam menyajikan keju ini pada sajian kuliner adalah dalam keadaan panas, sebagai topping atau filling. Keju ini benar-benar meleleh seluruhnya saat panasnya sudah mencapai suhu 54 derajat Celcius. Penampilan lelehannya yang seperti muluran benang sebagaimana tersaji pada kuliner corndog, risol, pizza, ayam salut keju, omelet atau kentang panggang.

jenis-keju-mozzarella
(pict : pinterest.com)
jenis-keju-mozzarella-cheese
Penampakan mozzarella pada kuliner

4. Keju Edam

Keju Edam punya bentuk yang mirip sekali dengan buah apel. Memiliki cita rasa yang lembut dengan tektur yang lembut dan tidak berbau, kandungan lemak keju ini lebih rendah jika dibandingkan dengan Cheddar, sehingga cocok sebagai pendamping sajian kuliner bagi pelaku diet. Edam banyak ditemui sebagai campuran pada kuliner ringan seperti cheesestick, kastengel dan creamy chesse. Sering juga menggantikan fungsi keju Cheddar untuk mendapatkan cita rasa kuliner yang lebih lembut dan premium.

jenis-keju-edam-cheese
Edam Cheese (pict : chefsmandala.com)

5. Keju Emmental

Pembuatan Keju Emmental adalah melalui proses fermentasi oleh bakteri. Bentuk dari Emmental sangat familiar dan sering digunakan sebagai visualisasi dari sajian kuliner yang menggunakan bahan keju. Memiliki rasa yang lebih gurih dan berlemak, tapi tidak terlalu asin, Emmental banyak terdapat di negara asalnya Swiss. Adapun sajian kuliner yang mengunakan keju jenis ini adalah Swiss cheese fondue, bake sweet cheese, sandwich, French puff dan cheese sauce.

jenis-keju-emmental-cheese
Emmental Cheese (pict : freepik.com)

6. Keju Gouda

Gouda berasal dari proses pemanasan susu sapi sehingga menghasilkan dadih yang terpisah. Proses fermentasi Gouda ini bisa mencapai 4 bulan sampai 12 bulan. Keju ini memiliki cita rasa kuliner manis yang khas, tekturnya keras dan cita rasanya gurih. Keju Gouda umumnya disajikan dengan cara melelehkannya di atas sajian kuliner seperti steak, fillet, pie, pasta dan baked veggies sebagai penambah cita rasa.

Gouda Cheese (pict: thecheesemaker.com)
Steak saus keju

Nah, kira-kira dari keenam jenis keju di atas, mana yang paling sering Kuliks makan?

22 thoughts on “Kenali Ragam Jenis Keju untuk Sajian Kuliner

  • Februari 18, 2021 pada 6:21 am
    Permalink

    Wah, banyak juga ya jenis-jenis keju. aku cuma familiar dengan keju Cheddar, Parmesan, sama Mozzarella.. Ahahaha, kadang bedain cheddar sm parmesan aja nggak bisa kl nggak baca kemasaannya 😀

    Balas
  • Februari 18, 2021 pada 12:16 pm
    Permalink

    Keju cheddar keju sejuta umat. Hehehe. Mozarella keju istimewa dan paling enak menurut saya. Keju edam saya belum pernah beli karena emang harganya mihil. Intinya saya suka keju jika penempatannya benar. Gak semua makanan menurut saya cocok dikejuin.

    Balas
  • Februari 18, 2021 pada 1:37 pm
    Permalink

    Wah, aku juga penggemar cheddar kak untuk toping kue pisang yang sering tak buat. hehehe.. Bw, Keju Emmental ini memang populer ya karena fotonya sering jadi simbol keju yang enak gurih. Hehehe.. Makasih mbak, ini ulasannya jadi moodbooster bgt buat saya biar baking lagi. Hihihi

    Balas
  • Februari 18, 2021 pada 2:22 pm
    Permalink

    Yang paling sering dimakan sih keju cheddar, Kak. Rasanya yang paling enak di lidahku sih. Tapi jadi penasaran juga sama keju Emmetal, sayang jauh banget ya adanya.

    Balas
  • Februari 18, 2021 pada 9:48 pm
    Permalink

    Waaaa buat pengen….

    Keju yang paling sering kumakan sih keju cheddar sama mozarela. Kalau mozarela kan untuk topping makanan-makanan cepat saji kayak pizza bahkan nasi. Kalau cheddar biasanya untuk taburan roti tawar. Anakku yang masih 8 bulan juga biasanya makan keju cheddar.

    Balas
  • Februari 18, 2021 pada 10:21 pm
    Permalink

    Cuman keju 1-3 aja yang baru nyoba yg 3 lagi belum, namanya kurang familiar ya tapi pernah liat sih bentuk keju edam yang seperti apel itu jadi penisirin rasanya kayak apa 😀

    Balas
  • Februari 18, 2021 pada 11:11 pm
    Permalink

    Waktu di Taiwan, saya sering makan keju edam dari Belanda. Tapi sekarang di kampung, mau makan keju chedar aja susah hahaha

    Balas
  • Februari 18, 2021 pada 11:25 pm
    Permalink

    Aku kok tahunya cuma Cheddar, Edam dan Mozarella ya, yang lain bener-bener baru denger hari ini, hihihi.

    Paling seneng makan pizza atau camilan yang ada mozarellanya, meleeer gurih. Tapi kalau kastengel suka yang ada perpaduan cheddar dan edam, dijamin yummy rasanya.

    Balas
  • Februari 19, 2021 pada 2:54 am
    Permalink

    banhak juga ya,makasih sharingnya

    Balas
  • Februari 19, 2021 pada 3:35 pm
    Permalink

    soal keju ini memang tiada duanya sekali saya sangat suka makan keju dengan segala olahannya apalagi minuman terbuat dari keju

    Balas
  • Februari 19, 2021 pada 6:10 pm
    Permalink

    saya suka banget dengan semua jenis keju, tapi kalau disuruh milih bakal pilih yang Mozarella wah enak banget apalagi kalau sudah dibalut dengan pizza gitu duuh kebayang enaknya

    Balas
  • Februari 19, 2021 pada 9:26 pm
    Permalink

    Kalau ditanya saya paling sering konsumsi keju yang mana, tentu jawabannya adalah keju Cheddar dan Mozarella. Kalau keju Edam, hanya sesekali saja sih.

    Balas
  • Februari 20, 2021 pada 6:45 am
    Permalink

    baru tau yang keju emmental dan gouda 🙂 waah menggoda semua nihhh untuk pecinta keju kaya aku hihiii

    Balas
  • Februari 20, 2021 pada 8:30 am
    Permalink

    Lihat macem2 keju jadi ngiler bikin olahan keju.. Abisni mau ngegoreng mozarella stick nih hahaha

    Balas
  • Februari 20, 2021 pada 11:38 am
    Permalink

    Ternyata ada banyak banget yah variasi keju ini. Saya hanya tau tuh keju cheddar dan memang itu sih yang paling sering dikonsumsi daripada yang lain. Sajian kuliner makin beragam yah dengan aneka keju yang bervariasi juga.

    Balas
  • Februari 20, 2021 pada 6:15 pm
    Permalink

    Saya pernah ganti keju cheddar untuk bikin kue nastar dengan keju edam.. hasilnya? Luar biasa mantappp kak. Masalahnya emang harganya lebih mahal.. hihi.

    Keju emmental di Medan aku gak pernah liat.

    Balas
  • Februari 20, 2021 pada 8:06 pm
    Permalink

    Sayaa pencinta keju sejati mbak..bahkan makan nasi bisa pake keju aja gak pake lauk lain hehehe gimana ya enak sih rasanya hihi

    Balas
  • Februari 20, 2021 pada 9:14 pm
    Permalink

    perkara keju aja ternyata banyak macem nya yaaaa keju edam baru denger dong, apakah semua jenis ini ada di Indonesia mbak? terutama supermarket hehe

    Balas
  • Februari 20, 2021 pada 10:16 pm
    Permalink

    Aku paling sering nih makan yang cheddar dan parmesan, dan sesekali yang mozzarella. Anakku juga pecinta keju soalnya semua makanan serba keju

    Balas
  • Februari 20, 2021 pada 11:27 pm
    Permalink

    Makasih Mba Mila… jadi ngeh macem2 keju deh saya hehe… berarti yang suka jadi makanan Jerry di film kartun Tom & Jerry itu keju Emmental ya. ada lubang-lubangnya gitu

    Balas
  • Februari 20, 2021 pada 11:44 pm
    Permalink

    Selama ini aku tau hanya 4 jenis keju dari 6 keju yang disebutkan disini.
    Ternyata ada juga keju emental dan juga keju Gouda. Next time aku tertarik mencoba jenis ini

    Balas
    • Maret 3, 2021 pada 11:05 am
      Permalink

      Wah ternyata keju banyak macamnya dan membuatnya ada yang lama ya butuh waktu 1 tahun. Gak heran kalau keju tersebut enak dan perlu merogoh kocek yang lumayan ya.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *