6 Tips Dapur Sederhana



Menjadi Ibu Rumah Tangga pastinya terbiasa berkutat di dapur untuk menyiapkan masakan sehari-hari. Namun dalam keseharian ada saja hal-hal yang kurang oke terjadi di dapur. Demi mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, berikut 6 tips dapur sederhana yang layak untuk dicoba.

Tips Dapur Sederhana

1. Tips menghilangkan bau pada ikan
Jika hendak memasak ikan, tapi ikan yang dibeli bau amis menyengat, maka anda dapat menggunakan air lemon dan garam untuk merendam ikan selama 15 menit agar bau lumpur dan amis pada ikan hilang.

www.selerasa.com

2. Tips menyimpan tahu agar tahan lama

Salah satu hasil olahan kedelai yang dapat disimpan untuk dibuat bermacam olahan masakan, adalah tahu. Sayangnya, jika salah menyimpan tahu, maka tahu akan mengelenyit dan berbau tidak sedap. Agar tahu awet ketika disimpan, berikut tipsnya.

Cuci bersih tahu dengan air, kemudian siram dengan air panas, setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan di dalam wadah plastik tertutup rapat dan letakkan di dalam kulkas. Dengan teknik ini biasanya tahu bisa bertahan  awet hingga 1 minggu.

3. Tips memasak nasi pulen dan lembut

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, yang berasal dari beras. Jenis beras tertentu akan menghasilkan nasi yang pulen, sedangkan jenis lainnya tidak.  Jika nasi yang dimakan keras (perak), tentunya akan mengurangi selera makan. Nah untuk memperoleh nasi yang lebih pulen dan lembut, dapat dicoba trik ini.

Tambahkan 2 sendok makan beras ketan putih pada setiap 1 kg beras. Campur dan cuci kedua jenis beras lalu olah dan masak seperti biasa.

4. Tips mengupas tomat agar lebih mudah

Si merah tomat yang kaya akan vitamin C, terkadang sulit mengupasnya untuk diolah. Tips berikut  dapat memudahkan pengupasan tomat. Yaitu dengan merendam tomat ke dalam air hangat selama 15 menit, angkat. Setelah itu, tomat akan lebih mudah dikupas.

www.vemale.com

5. Tips merebus kentang agar lebih cepat matang

Kentang, sebagai salah satu pengganti nasi, sering dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu. Supaya kentang yang direbus lebih cepat matang, cobalah menusuk-nusukkan kawat atau garpu sampai ke bagian tengah kentang sebelum direbus. Maka kentang akan matang 2x lebih cepat.

6. Tips memperbaiki sup yang keasinan

Jika terlalu banyak menambahkan garam pada masakan berkuah, salah satu tips untuk mengurangi rasa keasinan pada masakan tersebut adalah dengan memasukkan potongan kentang mentah ke dalam masakan, lalu lanjutkan masak beberapa saat. Potongan kentang tersebut akan menyerap kelebihan garam pada masakan.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba ya. 😉

-Nad-


Ada komentar? Silakan...