Pare Isi Daging, Olahan Sedap untuk si Pahit

Pahit di lidah tapi banyak yang suka, apakah itu? Yup. Pare salah satunya. Selain pare, si pahit lainnya yang kerap jadi santapan yaitu daun pepaya, leunca, brotowali. Jika diolah dengan benar bersama aneka bumbu, sayuran pahit bisa jadi hidangan nikmat lho. Seperti Pare Isi Daging, resep yang akan di-share di bawah ini.

pare-isi-daging-kulinerasyik1

Pare atau paria termasuk golongan labu-labuan yang sering diolah menjadi aneka hidangan. Meski pahit, tumbuhan ini punya banyak khasiat sehingga bisa dijadikan tanaman obat. Beberapa khasiatnya antara lain: mengatasi gangguan pencernaan, obat malaria, penyakit kuning, batuk, hingga obat cacing kremi.

Pare umumnya diolah dengan cara ditumis, campuran gado-gado, campuran siomay, atau jadi lalapan. Resep kali ini, Pare Isi Daging, diolah dengan mengukus sayur pahit ini. Campuran tumis daging giling sebagai isinya, menyamarkan rasa pahitnya dan bikin rasanya jadi terasa sedap. Yuk simak resepnya.

Resep Pare Isi Daging

Bahan-bahan

  • 200 gr daging sapi giling
  • 2 buah pare masing-masing dipotong 4
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah cabai merah dicincang/haluskan (untuk yang ingin dapat rasa spicy. Jika tidak ingin pedas, bisa di-skip)
  • Minyak bawang putih (didapat dari menumis 4 siung bawang putih dengan 1 sendok sayur minyak goreng). Minyak ini digunakan secukupnya, masukkan sedikit-sedikit pada adonan supaya gurih, kalis dan gak lengket
  • 4 sendok makan tepung tapioka (sagu)
  • 1-2 batang daun bawang, iris halus
  • 3 sdt kaldu jamur
  • 1 sdt garam
  • 1¼ sdt gula
  • lada bubuk secukupnya
  • 4 sdm saus tiram
  • 3 sdm minyak wijen
resep-pare-isi-daging-kulinerasyik

Cara Membuat Pare Isi Daging

  1. Campur daging giling, bawang putih, minyak bawang putih, tepung sagu, daun bawang, kaldu jamur, gula, garam, lada, saus tiram, minyak wijen
  2. Setelah adonan tercampur rata, masukkan adonan ke dalam potongan pare sampai terisi sempurna
  3. Kukus sekitar 30 menit
  4. Angkat, siap sajikan hangat
  5. Bisa disajikan dengan saus sambal, sambal terasi, atau bumbu kacang
    (Resep aneka sambal klik di sini)

-Nad-

13 thoughts on “Pare Isi Daging, Olahan Sedap untuk si Pahit

  • Juli 6, 2020 pada 1:45 pm
    Permalink

    Saya pernah lihat masakan seperti ini di medsos bedanya isian parenya pake telur. Jadi penasaran pingin coba saya, apalagi pare di halaman lagi berbuah

    Balas
  • Juli 6, 2020 pada 6:21 pm
    Permalink

    Ya ampuuuun pare itu mah kesukaanku bangettttt. Apalagi kalo dimakan mentah, masih kries2 trus dicocol Ama sambel terasi, manteeeep :D. Pahitnya itu justru nikmat :D.

    Kebetulan di kulkasku msh ada daging giling mba, aku mau coba ah ntr :).

    Balas
  • Juli 7, 2020 pada 8:49 am
    Permalink

    wah menarik. Kalau di Makassar ada masakan seperti ini tapi parenya diisi kelapa dengan campuran bumbu.

    Balas
  • Juli 7, 2020 pada 12:46 pm
    Permalink

    sering lihat yang begini di tempat yang jualan baso tahu.. pahit sihh tapi bikin nafsu makan nambah hehe

    Balas
  • Juli 7, 2020 pada 2:39 pm
    Permalink

    Ini mah pare kesukaan suami juga ada keluarga yang makan pare nanti dicoba resepnya ya

    Balas
  • Juli 7, 2020 pada 7:16 pm
    Permalink

    Pare itu pahit tapi enak apalagi jika dibikin variasi macam-macam kayak gini. Duh, pengen deh praktek resepnya 🙂

    Balas
  • Juli 8, 2020 pada 6:17 am
    Permalink

    Kayaknya enak sih soalnya ada dagingnya Tapi dagingnya ngga jadi ikut pahit kah?

    Balas
  • Juli 8, 2020 pada 7:44 pm
    Permalink

    wah bahan-bahannya cukup mudah dicari ya dan buatnya juga lumayan mudah ya kak, cocok niy buat aku yang lagi belajar memasak, dan penasaran sama rasanya apakah parenya tetep pahit atau berubah niy

    Balas
  • Juli 8, 2020 pada 8:13 pm
    Permalink

    Salah satu sayur favoritku nih . Seringnya di tumis saja sih atau dibuat Paria Kambu. Seperti resep Mbak, tapi paria kambu itu isinya ikan dan kelapa (?), belum pernah coba isian daging nih, jadi kepengen cobain…

    Balas
  • Juli 8, 2020 pada 8:27 pm
    Permalink

    Ada juga masakan pare seperti ini di Makassar, namanya kambu paria. Tapi isiannya kelapa campur ikan. Kalau yang ini isi daging, kebayang tuh lezatnya. Pingin coba ah, makasih ya resepnya mbak.

    Balas
  • Juli 8, 2020 pada 9:05 pm
    Permalink

    Aku suka banget sayur pare walaupun ada pahitnya tapi menurut aku enak makasih resepnya kak menarik banget ini olahan parenya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *