Kimukatsu, Satu Lagi Resto untuk Penggemar Katsu

Katsu, penganan yang berasal dari negeri Sakura Jepang, sudah tidak asing di telinga kita. Katsu identik dengan daging dada ayam yang dipipihkan, dibalur dengan tepung roti kemudian digoreng. Sudah pasti menu ini familiar dengan lidah orang Indonesia yang mayoritas menyukai menu-menu digoreng.

Adalah Kimukatsu, sebuah resto yang berada di area Little Tokyo, Mall Kota Kasablanka, Jakarta. Resto dengan spesialisasi menu katsu ini punya menu yang unik, namanya Mille Feuille Katsu. Sebelumnya kita mengenal kata Mille Feuille dari kue khas Perancis yang memiliki banyak lapisan, seperti halnya Mille Crepes. Demikian juga dengan katsu di Kimukatsu ini yang disusun hingga berlapis-lapis.

resto-kimukatsu-kulinerasyik

Menu Mille Feuille Katsu ada dua macam, yaitu ayam atau daging sapi dengan pilihan rasa bermacam-macam, yaitu: original, garlic, blackpepper, negi dan cheese. Selain itu, menu katsu lainnya juga tersedia di resto ini, seperti salmon, udang, dori, bahkan tempe.

Chicken Katsu vs Beef Katsu ala Kimukatsu

Saya dan suami memesan Chicken Katsudon Sets, Blackpepper Beef Katsu Sets, serta Udang Mayones. Masing-masing menu sets ini disajikan bersama semangkuk nasi, sup miso dan salad/ acar.

Menu pembuka berupa Udang Mayones, harganya Rp38 ribu. Menu ini bertabur irisan daun bawang dan wijen, dan rasanya cenderung manis. Meski pada tepung udangnya terlihat ada bubuk cabai, tapi di lidah tidak terasa pedas. Sayang ukuran udangnya kecil-kecil.

Udang Mayones (bawah)

Katsudon adalah chicken katsu yang disajikan di atas potongan bawang bombay dan scrambled egg. Menu yang dibanderol dengan harga Rp55ribu ini sedikit berkuah, sehingga membuat kerenyahan chicken katsu-nya berkurang. Rasa kuah donburi-nya cenderung manis. Sementara bawang bombay yang jumlahnya banyak bikin menu ini tidak cocok di lidah saya.

Chicken Katsudon Sets

Blackepper Beef Katsu Sets dibanderol seharga Rp64 ribu. Rasa beef katsu-nya enak, garing di luar dan lembut di dalam. Itu mungkin karena katsu ini digoreng dalam minyak yang banyak dan panas. Lapisan-lapisan dagingnya cukup terlihat, namun blackpepper-nya tidak terlalu terasa.

beef-katsu-kimukatsu
Blackpepper Beef Katsu Sets

Keunikan lain dari Kimukatsu terletak pada sausnya. Di resto ini, pada setiap meja terdapat beberapa botol saus dan pot berisi saus katsu dan wijen.

saus-katsu-kimukatsu
Saus katsu dan wijen

Saus-saus di dalam botol terdiri atas saus wijen, saus wafu, mayones dan saus sambal yang diperuntukkan untuk salad dressing. Sedangkan saus katsu dalam pot dan wijen tumbuk biasa digunakan sebagai cocolan katsu. Perpaduan saus ini tidak boleh terlewatkan lho, karena rasanya enak.

-SQ-

Btw, penggemar katsu ingin bisa buat hidangan katsu sendiri yang enak? Coba deh resep Chicken Katsu yang menggoda ini.

Review Kimukatsu
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Makanan/Minuman
  • Harga
3.8

Ada komentar? Silakan...