Biji Ketapang, Camilan Khas Betawi yang Selalu Dinanti

Biji Ketapang, salah satu kuliner Betawi, adalah kudapan tepung yang bentuknya kecil-kecil dan khas, Sesuai namanya, bentuk kue ini terinspirasi dari biji pohon ketapang, pohon rindang yang dahulu banyak dijumpai di pinggir jalanan Jakarta.

Rasa kue ini manis campur gurih kelapa, dengan tekstur renyah, bikin gak bisa berhenti cemal cemil. Itu yang membuat kue kering ini selalu dinanti, selalu dirindukan. Terlebih kudapan satu ini jarang ditemukan, karena umumnya banyak dijual hanya pada saat Hari Raya. Namun sebenarnya kue ini cukup mudah dibuat sendiri di rumah.

Berbekal resep dari JTT, saya coba untuk membuat kue ini sendiri dengan sedikit modifikasi. Kuliks mau coba juga? Yuk simak resepnya.

Resep Biji Ketapang

Bahan-bahan:

  • 250 gr kelapa parut
  • 500 gr tepung terigu serbaguna
  • 150 gr tepung sagu
  • 100 gr tepung maizena
  • 250 gr gula pasir
  • ½ sendok teh vanili
  • 2 butir telur
  • 100 gr mentega
  • 250 ml santan
  • ½ sendok teh garam
bahan-bahan-biji-ketapang
Bahan-bahan

Cara Membuat :

  1. Sangrai kelapa parut hingga kering dan kecoklatan
  2. Campur rata semua bahan kering seperti tepung terigu, tepung sagu tepung maizena, gula, vanili dan kelapa sangrai dalam wadah besar. Sisihkan
campuran-bahan-biji-ketapang
Campuran bahan kering
  1. Panaskan santan sambil diaduk hingga mendidih.
  2. Masukkan mentega, panaskan hingga mentega mencair
  3. Buat lubang di tengah campuran tepung, masukkan kedua buah telur. Aduk rata. Masukkan pula cairan santan dan mentega, aduk hingga rata dan kalis
  4. Ambil sedikit adonan, pulung dengan tangan hingga tipis kurang lebih ketebalan 1 cm. Potong-potong menyerong. Sisihkan sambil ditaburi tepung agar tidak lengket.
  5. Panaskan minyak dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan sebagian adonan yang telah dipotong, goreng hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  6. Setelah dingin, masukkan biji ketapang ke dalam toples. Biji ketapang siap disajikan.
Biji-ketapang-kulinerasyik2
Kriuk Renyah Biji Ketapang

-SQ-

Baca juga resep camilan asyik dan enak lainnya yang mudah dibuat di rumah:

13 thoughts on “Biji Ketapang, Camilan Khas Betawi yang Selalu Dinanti

  • Juli 21, 2020 pada 12:45 pm
    Permalink

    saya baru tahu penganan biji ketapang ini. ternyata makanan khas Betawi ya. Terima kasih untuk resepnya, Mbak.

    Balas
  • Juli 21, 2020 pada 2:46 pm
    Permalink

    Baru tau kalau biji ketapang pake kelapa parut, rasanya dulu pernah coba bikin tapi nggak pake kelapa parut.. bisa tahan berapa lama? disimpan di toples bisa kah?

    Balas
    • Juli 22, 2020 pada 7:31 pm
      Permalink

      Pake kelapa supaya gurih enak kak. Awet kok krn kuenya kering.. bisa disimpen di toples

      Balas
  • Juli 21, 2020 pada 11:14 pm
    Permalink

    dulu sering kak aku bikin ini sama ibu di rumah, tapi aku selalu kegedean bikinnya, jadilah tugasnya hanya merapikan hehe, waktu itu belum tahu bahan dan cara buatnya, hanya tinggal ngebentuk aja gitu. baca tulisan kakak ternyata bahannya cukup mudah dicari dan cara buatnya juga mudah, jadi penasaran pengen bikin sendiri gitu mulai cari bahan sampai matang, mau belajar

    Balas
    • Juli 22, 2020 pada 7:29 pm
      Permalink

      Ayo bikin kak.. cemunguut

      Balas
  • Juli 22, 2020 pada 8:41 am
    Permalink

    Waah kalau ada kesempatan ke Jakarta harus nyari kue biji ketapang ini. Belum pernah rasain.

    Balas
  • Juli 22, 2020 pada 10:35 am
    Permalink

    Sekilas tadi baca judulnya kirain bolu ketapang ternyata setelah baca resepnya, mirip roti goreng ya? Adonannya diuleni dulu nggak atau asal campur aja?

    Balas
    • Juli 22, 2020 pada 7:28 pm
      Permalink

      Beda dr roti goreng…ini cemilan rasanya manis n renyah. Gak perlu diuleni cukup dicampur sampai rata aja

      Balas
  • Juli 22, 2020 pada 2:06 pm
    Permalink

    Namanya biji Ketapang kirain emang bener bener biji gitu dijadiin cemilan wkwk

    Balas
    • Juli 22, 2020 pada 7:35 pm
      Permalink

      Wkwkwk… Ceritanya mirip biji kak bentuknya 🙂

      Balas
  • Juli 22, 2020 pada 6:45 pm
    Permalink

    Nah, pas banget, lebaran kemarin kakak ipar saya buat kue beginian. Rasanya manis gurih gitu, enak.

    Balas
  • Juli 22, 2020 pada 8:42 pm
    Permalink

    aku ga bisa masak kak wkwkwk, bisanya makan aja tapi ternyata melihat resepnya tidak terlalu sukar ya membuat biji ketapang khas Betawi.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *