Bakpia Juwara Satoe yang Anti Mainstream

Bakpia, makanan yang identik dengan kota Yogyakarta, menjadi buah tangan yang hampir selalu dicari oleh wisatawan di sana. Tak heran perkembangan kue khas Kota Pelajar ini tak terbendung. Mulai dari munculnya bakpia tradisional dengan  sentuhan kekinian, seperti: Bakpia Soemadigdo, Bakpiaku, Bakpia Kurnia Sari, hingga inovasi bakpia seperti Bakpia Pricess Cake, Bakpia Kukus Tugu, serta Bakpia Juwara Satoe.

Kali ini saya dapat oleh-oleh Jogja Bakpia Juwara Satoe. Cukup unik karena ada 2 rasa berbeda dengan 2 ukuran yang berbeda pula. Yang ukuran besar rasa keju dan yang ukuran kecil rasa kacang hijau asin. Kemasan plastiknya tampil manis dengan dominasi warna pink.

bakpia-juwara-satoe-kemasan
Kemasan plastik

Renyah Gurih Bakpia Juwara Satoe

Untuk yang ukuran besar, satu dusnya berisi 5 buah bakpia dengan ukuran diameter kurang lebih 8 cm yang masing-masing dikemas plastik bertuliskan jargonnya: ‘Renyahnya Juwara Satoe!”.

Bakpia-juwara-satoe-besar
Bakpia ukuran besar

Berbeda dari bakpia Jogja yang pada umumnya terasa lembut dan lunak, bakpia unik ini punya tekstur seperti pia dari Bali yaitu berkulit renyah semacam pastry dan bertabur topping di atasnya. Isinya banyak, padat dan rasanya gurih. Kejunya juga berbeda dengan isian keju pada bakpia Jogja lainnya yang biasanya agak manis. Di sini rasa kejunya cenderung asin dan sedikit sekali terasa susu.

Untuk ukuran kecilnya, 1 dus berisi 4 kemasan plastik panjang yang masing-masing berisi 4 buah bakpia kecil berdiameter separuh yang ukuran besar, yaitu kurang lebih 4 cm. Teksturnya sama dengan bakpia berukuran besar. Kulitnya renyah dengan isian yang padat. Rasa kacang hijaunya asin bukan manis seperti isian bakpia biasanya.

Bakpia-juwara-satoe-kecil-2
Bakpia-juwara-satoe-kecil
Bakpia ukuran kecil

Untuk pertama kalinya makan bakpia ini, sejujurnya lidah saya keheranan karena rasanya yang anti mainstream, tidak seperti bakpia otentik khas Jogja. Bakpia Juwara Satoe bahkan punya varian “ajaib” lainnya lho, seperti rasa pandan, rasa gula tarik, dan rasa sambal! Anyway, bakpia renyah gurih ini asik juga untuk dinikmati sebagai camilan.

-Nad-

Review Bakpia Juwara Satoe
  • Kemasan
  • Tampilan
  • Rasa
3.8

Ada komentar? Silakan...