Tips Asyik

Susu Kedelai atau Susu Sapi untuk Resep Masakan?

Sebelum Kuliks menikmati kuliner maupun mengeksekusi resep masakan di internet, pertama kali wajib paham bahan-bahan yang digunakan pada masakan tersebut ya. Jangan sampai karena salah pilih atau tidak paham, malah dapat menyebabkan penyakit, misalnya karena alergi. Nah, salah satu bahan yang sering digunakan untuk aneka kuliner adalah susu. Di pasaran banyak tersedia berbagai jenis susu, dua di antaranya adalah susu sapi (hewani) dan susu kedelai (nabati).

susu-sapi
Susu Sapi (Ilustrasi: Canva)

Lalu apa saja yang membedakan kedua jenis susu ini baik dari segi kandungan maupun manfaatnya, untuk diolah menjadi kuliner lezat? Cekidot.

Perbedaan Susu Kedelai dengan Susu Sapi

Sajian kuliner berbahan dasar susu dapat menjadi hidangan yang nikmat serta bernutrisi. Antara susu sapi dan kedelai, keduanya memiliki kandungan protein yang cukup baik dan bisa saling mengantikan. Beberapa orang memiliki alergi terhadap kuliner yang mengandung susu sapi. Sedangkan sebagian orang lainnya memiliki alergi terhadap makanan yang mengandung susu nabati.

Kalori

Secangkir susu sapi menyediakan kurang lebih 100 – 150 kalori, tetapi dalam secangkir susu kedelai asli hanya mengandung 50 – 80 kalori. Sajian kuliner yang berbahan dasar susu sapi umumnya mengandung lebih banyak kalori.

Protein

Kedua jenis susu ini memiliki fungsi yang sama dalam membangun massa otot. Keduanya juga memiliki kandungan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh. Namun, protein whey yang ditemukan dalam susu sapi tampak lebih efektif dari pada protein yang terkandung dalam susu kedelai.

Penggunaan

Sajian kuliner berbahan dasar susu sapi bisa ditemukan pada kuah santan pada kuliner soto Betawi, alih-alih mengunakan santan, penyaji kuliner banyak mengunakan susu sapi sebagai bahan dasar kuliner ini. Susu sapi juga bisa diolah menjadi martabak susu dengan dicampur sejumlah takar tepung dan gula putih. Susu yang dicampur dengan buah-buahan juga bisa menjadi kuliner penggugah selera. Es krim berbahan dasar susu sapi pun merupakan kuliner penutup yang disuka oleh segenap usia.

susu-sapi-untuk-es-krim
Es krim, kuliner berbahan susu

Sedangkan pilihan untuk kuliner berbahan dasar susu kedelai, di antaranya adalah puding kedelai sutra lembut yang diolah sedemikian rupa dengan campuran rasa atau original rasa kedelai. Kemudian banyak pula kuliner lainya, seperti fruit soy smotties, chiffon cake susu kedelai, atau es krim.

Susu Kedelai (Ilustrasi: Canva)

Sajian kuliner traditional yang masih sering diolah dan disajikan adalah susu nabati yang diolah menjadi Kembang Tahu. Kelezatan kuliner ini sering membangkitkan kenangan tersendiri bagi para penikmatnya.

-KuAs-

KuAs

Semua tentang kuliner ada di sini!

19 komentar pada “Susu Kedelai atau Susu Sapi untuk Resep Masakan?

  • Keduanya penuh manfaat yah. Dan untungnya salah satu bisa jadi alternatif kalau ada yg punya alergi. Jadi tetep bisa ngerasain maksimal manfaatnya.

    Balas
  • Saya belum pernah makan kue berbahan dasar susu kedelai. Cuma saya suka banget sama susu kedelai. Memang susu sapi dan susu kedelai sama-sama punya manfaat serta kelebihannya masing-masing ya kak.

    Balas
    • Aku lebih familiar susu sapi untuk bahan makanan sih, kalau susu kedelai biasanya cuma diminum ajaa. Next mungkin bisa coba makanan berbahan susu kedelai kali yaa.

      Balas
  • Ayu Natih Widhiarini

    Kalau disuruh milih, saya lebih suka konsumsi susu kedelai karena lebih rendah kalori. Saya suka buat matcha latte dengan soya milk karena rasanya enak banget

    Balas
  • Bisa jadi alternatif yg alergi laktosa susu sapi ya kak, susu kedelai ini? Aku suka langsung minum kalau susu kedelai, olahan masakan sukanya pakai susu sapi.

    Balas
  • kalau pengen bikin masakan bersantan tapi diganti susu kedelai sama enaknya gak ya? mengingat saya gak bisa mengkonsumsi santan

    Balas
    • KuAs

      Umumnya sih pengganti santan itu pakai susu sapi segar kak, karena konsistensinya mirip

      Balas
  • Aku suka semuanya. Sama2 enak. Kalau susu kedelai bisa bikin sendiri. Susu sapi kudu beli kcuali ternak sapi sendiri. Tp kalau soal rasa, aq lbh suka susu almond. Yummy! Hehe

    Balas
  • sebenernya lebih bagus susu kedelai klo nyari kalori yg lebih kecil ya mbak

    biasanya disarankan juga buat bumil nih

    Balas
  • Aku dulu suka susu kedelai tapi sejak sakit malah dilarang minum itu ama dokter. Jadinya lanjut minum susu sapi.

    Balas
  • Eryka

    Selama ini juga baru memanfaatkan susu sapi dalam memasak..kalo susu kedelai blm pernah mencobanya takut kalo2 rasanya jadi failed hehe..karena biasanya susu sapi lebih gurih creamy gt

    Balas
  • Utami

    Saya suka dua-duanya, tapi untuk susu sapi harus di takar, kalau terlalu banyak bisa sakit perut…
    Padahal enak, hehehe…
    Saya juga suka soto betawi yang pakai susu, nikmaaattt…

    Balas
  • Kalo aku lebih suka susu kedelai sih. Entah kenapa lebih enak aja, meski tanpa gula sekalipun.
    kalau mau lebih oke lagi, bisa pake susu almond. Cuma masalahnya ya nganu, harganya mahal banget euY!

    Balas
  • Aku pilih susu sapi aja deh. Haha. Dari kecil nggak suka sama aroma susu kedelai, padahal dulu bapak ibu saya suka banget minum susu kedelai. Waktu hamil saya juga di”cekok” pake susu kedelai, tiap pagi kudu minum supaya kulit bayinya bersih dan mulus katanya.

    Balas
  • Baca ulasan di atas jadi tahu perbedaaan susu sapi dan susu kedelai yang lebih detail. Baru tahu juga nih ternyata kuliner seperti soto betawi gitu pakenya susu sapi ya bukan santan. Kalau saya sih biasanya lebih sering konsumsi susu sapi tapi bagus juga ya susu kedelai ini karena lebih rendah kalori dan pastinya lebih aman juga dikonsumsi buat yang punya riwayat alergi

    Balas
  • Orang masak itu memang selain menggunakan sense juga memadukan bahan yang tepat agar rasa yang diciptakan bisa autentik. Betapa sulitnya masak yaah.. Dan salut banget sama masakan asli Indonesia yang kaya rasa dan kaya rupa. Suka banget sama Soto Betawi. Segeerr~

    Balas
  • Aku lebih suka susu kedelai dibandingkan, rasanya enak dan segar, kandungan lemak juga lebih bagus, jadi lebih sehat juga ke tubuh ya

    Balas
  • es krimnya menggoda banget ya kayaknya enak banget, ditambah lagi buah strawberry makin segar makannya apalagi pas banget niy di Bekasi panas terus jadi bakal nikmat makan ek skrim plus buah strawberry ini

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *