Tips Asyik

Fakta Dry Ice, Fungsi dan Bahayanya untuk Makanan

Dry ice atau es kering adalah jenis es padat yang banyak dimanfaatkan untuk membekukan makanan, atau menjaga suhu dingin suatu produk kuliner. Di Indonesia es ini disebut biang es, diperjualbelikan dalam bentuk balok besar maupun kecil.

Fakta

Bukan berasal dari air, dry ice terbuat dari gas CO2 yang dipadatkan.

Suhunya sangat dingin, dapat mencapai -78°C. Saking dinginnya, jika dipegang tangan secara langsung, maka tangan akan terasa panas bahkan dapat menyebabkan luka. Dalam dunia medis, ini dikenal dengan istilah frostbite.

Jika es batu biasa mencair di suhu ruang, jenis es kering ini berbeda. Pada suhu ruang atau saat terkena air, es kering akan menyublim sehingga mengeluarkan uap dingin yang penampakannya seperti asap.

Dry-ice-kulinerasyik
Dry Ice (Pict : Pinterest)

Fungsi Dry Ice

Sesuai karekteristiknya yang dingin dan dapat berubah menjadi gas, dry ice memiliki berbagai fungsi.

Penggunaan pada industri makanan

  • Di luar kemasan: untuk makanan/minuman yang mudah rusak, diperlukan suhu dingin sebagai pengawet. Es kering dapat dimanfaatkan sebagai pendingin, berguna tterutama saat pengiriman sebelum masuk ke lemari pendingin. Contoh penggunaan seperti ini adalah saat kita membeli es krim untuk dibawa pulang (take away), diberikan es kering untuk mempertahankan kebekuan agar es krim tidak mencair.
  • Di dalam produk makanan: ada beberapa resto yang menyajikan menu makanan maupun minuman dengan menambahkan es kering di dalamnya. Maksudnya adalah memberikan sensasi dingin yang tidak akan mengubah rasa. Berbeda dengan es batu biasa yang cepat mencaIr dan cairannya dapat membuat rasa hidangan berubah, es kering memberikan sensasi berbeda serta menambah nilai jual karena penyajian yang unik.
Penggunaan-es-kering
Dry-ice-pada-kuliner
Contoh penggunaan dry ice untuk sajian kuliner
(Pict : Canva)

Sifat es kering yang dingin dan dapat berubah menjadi uap, serupa dengan Nitrogen cair yang beberapa waktu lalu viral karena dijajakan dalam jajanan anak-anak. Nitrogen cair yang ngebul itu digunakan penjualnya sebagai campuran snack sehingga menjadi Chiki Ngebul dengan sensasi dingin dan berasap. Unik, namun berbahaya karena penggunaan yang tidak tepat dan sudah memakan banyak korban yang dilaporkan mengalami keracunan gas ini.

Penggunaan pada industri hiburan

Karena es ini dapat menimbulkan efek asap yang mengepul, maka es kering kerap dimanfaatkan di panggung pertunjukan guna menambah daya tarik sebuah penampilan.

Penggunaan pada dunia medis

Es kering kerap digunakan di dalam dunia medis untuk mengawetkan jenazah untuk keperluan otopsi. Selain itu es ini dapat berguna sebagai pendingin kantong darah dari para pendonor, agar tidak rusak dalam perjalanan dibawa ke lemari pendingin.

Bahaya Dry Ice

Es kering terbuat dari karbon dioksida (CO2) yang dipadatkan. Maka, saat menyublim di suhu ruang/terkena air, uap yang dihasilkan pun berbentuk CO2 yang berbahaya jika dihirup terlalu banyak oleh manusia.

Video kepulan uap dry ice

Dilansir dari laman artikel Halodoc, paparan gas CO2 jumlah tinggi dapat menyebabkan keracunan CO2 yang berbahaya bagi kesehatan. Gejala keracunan CO2 yang disebut hiperkapnia ini, yaitu pusing, mual, muntah, serta peningkatan detak jantung.

Pada kasus berat, kondisi hiperkapnia dapat menyebabkan kebingungan, kejang, hingga kerusakan jantung dan otak.

Jadi, meskipun dry ice bermanfaat bagi industri pangan karena dapat menjaga kestabilan beku/dingin suatu produk, bukan berarti es ini dapat dikonsumsi secara langsung.

Selain berpotensi bahaya bagi kesehatan, harus diperhatikan pula cara penyimpanan es ini agar tidak membahayakan lingkungan. Dry ice yang disimpan dalam jumlah banyak dan tertutup rapat dapat membuat CO2 terperangkap dan membuat tekanan di wadah dapat meledak.

-Nad-

22 komentar pada “Fakta Dry Ice, Fungsi dan Bahayanya untuk Makanan

  • Industri makanan, khususnya jajanan anak kekinian semakin aneh saja, sekarang ada es kering menyimpan potensi bahaya kesehatan, seperti halnya pewarna dan pengawet makanan. Thx infonya

    Balas
    • Waah…apakah kita janjian Mbak? Saya juga barusan nulis ttg dry ice. Gara2nya beberapa hari sebelumnya, anak saya jajan makanan ngebul ini. Waktu itu saya belum tau kalau ada potensi bahayanya. Duuuh bersyukurrr waktu itu anak2 ga kenapa2

      Balas
  • Dry es ini yang di pakai pada chiki ngebul yang menyebabkan korban jiwa yaa…

    Balas
    • Bukan kak, yg dipakai chiki ngebul itu nitrogen cair, beda lagi sama dry ice. Dry ice seringnya dipakai untuk pertunjukan

      Balas
      • KuAs

        Terima kasih sudah bantu menjawab kak Tika

        Balas
      • Aku nih awalnya belum paham soal dry ice, waktu pesen ice cream byk di ecomm dikirim pake dry ice dan ga sengaja aku pegang pake tangan kosong. Duh rasanya di kulit sakit bgt kayak abis kena panas tinggi

        Balas
  • Dulu waktu saya kecil, dry ice mudah mendapatkannya, beli es krim 1 liter lansung dikasih dry ice, tapi sekarang agak langka, lebih banyak menemukan icepack dari dry ice.. ada bagusnya sih untuk lingkungan

    Balas
    • KuAs

      Ice pack itu maksudnya dry ice gel bukan ya kak, tuk pendingin juga

      Balas
  • Dry ice sama nitrogen pada makanan viral belakangan ini berbedakah bahannya?ternyata efeknya bagi manusia cukup berbahaya juga ya. Mungkin sebaiknya dijual secara terbatas agar tak sembarangan memakainya

    Balas
    • KuAs

      Beda senyawa mbak. Klo nitrogen cair ya dr nitrogen, sedangkan dry ice dr karbondioksida yg dipadatkan. Iya betul hrs dibatasi pembuatan dan penggunaannya.

      Balas
  • Membaca artikel ini membuat kita harus semakin aware dengan apa-apa yang akan kita konsumsi. Utamanya berurusan dengan es, harus betul-betul tahu apakah minuman yang kita beli dari es batu atau jangan-jangan berbahan dry ice.

    Balas
    • KuAs

      Iya harus waspada ya. Klo pakai dry ice pasti ngebul seperti asap

      Balas
  • Baru tahu ada yang namanya dry ice. Dari kandungannya yang CO² harusnya sudah pada langsung ngeuh akan bahayanya, ya.

    Balas
  • Kok Deg2an yaa pas diinfo soal sampai bisa meledak jika tak bisa menyimpan dengan baik, Terima kasih ya informasinya.

    Balas
  • Oww … ternyata es kering terbuat dari karbon dioksida (CO2) yang dipadatkan ya. Bahaya jika terhirup saat sedang ngebul2nya ya … makasih sudah sharing ttg es kering.

    Balas
  • Kalo inhet dry ice, jadi inget dulu zaman kecil tiap ada acara musik, di panggungnya dikasih dry ice. Kesannya jadi kayak kabut asap hahahahaha . Dan dulu aku selalu pengen rasain, itu gimana Yaa kalo berdiri di tengah2 asapnya . Papa bilang ya dingin. Cuma ga pernah kesampaian bisa ngerasain . Ternyata berguna juga di industri makanan sebagai pendingin yaa

    Balas
  • sempet jadi makanan viral bangat… ditempatku namanya dragon breath, digunakan bareng ama snack. Kudu tahu dosis penggunaan sih, hanya yang paham molecular culinary yang cocok menggunakan. supaya ngga ada masalah lagi dengan keracunan sih ya

    Balas
  • Dulu pas aneka kuliner viral yang pakai dry ice Saya ga pernah mau nyoba karena menurut Saya ga alami keliatannya. Mending pakai es biasa aja. Karena ga percaya aja gitu kalau ada makanan ngebul kayak di panggung pertunjukan

    Balas
  • Waktu lihat minuman itu viral di tiktok saya langsung ingatkan anak bungsuku dan terutama ponakan2ku yg masih usia SD bahwa makanan dan minuman yg gunakan biang es itu berbahaya.
    Tapi namanya anak-anak, ada saja yg coba, untung tidak kenapa-kenapa. Begitu jatuh korban, baru deh ponakan2ku bilang, “bunda sudah mengingatkan, kita saja yg bandel.” Nah kan?

    Balas
  • Aku dulu kecil baru pertama kali tau dry ice jelas terpesona donk ya..
    Sampe aku pegang pake tangan telanjang, tanpa sarung tangan atau pelindung lainnya.
    Auto jerit karena sakiitt..
    Huhuhu..

    Dan dalam sehari-hari, sangat jarang yang menggunakannya ya.. kalau gak bener-bener terkait dengan pemanfaatannya untuk mendinginkan dalam waktu yang cukup.

    Balas
  • semakin aneh-aneh saja ya sekarang makanan dibuat, dan kita wajib banget mengetahui apa ingredient produk yang kita konsumsi karena bisa membahayakan juga jika tidak aman. saya pernah menyentuhnya dan memang itu terasa panas ke tangan seperti itu, apalagi kalau sampai kita konsumsi ya bahaya pasti panjang juga di dalam tubuh kita. Saya minum air es dari kulkas aja yang sudha meleleh di gelas suka pusing kepalanya, apalagi ini

    Balas
  • aku biasanya menemukan dry ice di hidangan dessert, tapi ternyata ada bahayanya juga ya 🙁 harus jaga-jaga

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *