Ini Lho, Kuliner Arab yang Enak dan Enak Banget

Saat berada di Madinah dan Mekah saya sempat mampir ke BinDawood sebuah supermarket yang letaknya tidak jauh dari hotel. Sudah pasti yang saya sambangi adalah area makanan dan minuman. Saya cukup kalap melihat berbagai makanan dan minuman unik yang berbeda dari Indonesia, rasanya pengen beli semua hehe. Berikut beberapa camilan, kuliner Arab yang saya beli di BinDawood, yang bisa jadi referensi untuk dikonsumsi di sana maupun untuk oleh-oleh.

Kuliner Arab Enak Produksi Almarai

Seven Days

Seven Days adalah croissant yang diproduksi oleh Almarai, salah satu perusahaan susu terbesar di Arab. Tidak seperti croissant pada umumnya yang bagian luarnya garing tapi lembut di dalam, kuliner Arab ini mirip roti. Bagian luarnya lembut dan tidak garing, demikian juga bagian dalamnya. Kelembutan croissant yang berpadu dengan krim filling yang melimpah menjadikan camilan ini diminati banyak orang termasuk saya.

Seven Days croissants punya berbagai varian rasa, antara lain choco hazelnut, vanilla, cherry and vanilla, toffee, strawberry dan choco vanilla. Favorit saya adalah choco hazelnut yang mirip nutella dan cherry and vanilla yang memadukan rasa asam dan manis.

Harga untuk 1 buah Seven Days croissants hanya 1 SAR atau setara Rp 4.000 saja, sangat murah untuk snack dengan rasa yang enak dan bisa menjadi alternatif oleh-oleh selain kurma. Seven Days croissants juga ada yang berukuran jumbo seharga 2 SAR tapi menurut saya lebih enak yang ukuran midi karena krim filling-nya lebih creamy.

Almarai Creme Caramel

Masih produk dari Almarai, kali ini berupa puding caramel dalam kemasan. Creme caramel ini rasanya enak banget, gak boleh terlewat kalau lagi di Arab. Puding vanilla yang lembut berpadu dengan saus caramel di dasar kemasan yang manisnya pas. Pokoknya kuliner Arab satu ini very recommended deh. Selain puding caramel ada juga puding coklat dan puding vanilla. Almarai Creme Caramel ini harganya juga 1 SAR.

Almarai Dairy

Perusahaan susu Almarai memang banyak mengembangkan produk-produknya, sehingga banyak variannya. Mungkin kalau di Indonesia semacam Indofood. Saya hanya iseng membeli susu ini untuk diminum di hotel. Saya pun memilih fresh milk rasa double chocolate dan strawberry kemasan 360 ml seharga masing-masing 3 SAR.

Tak salah pilih.. Fresh milk double chocolate ini rasanya juara, susunya kental dan milky banget tapi gak bikin eneg. Selain itu coklatnya tidak pahit cenderung agak manis, pokoknya enak deh. Sedangkan yang strawberry susunya tidak sekental yang coklat, tapi tetap enak. Aaah seandainya susu-susu ini masuk di Indonesia.

Meski kuliner Arab berupa susu segar ini memiliki expired date hanya semingguan, tapi juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh loh. Trick-nya adalah susu harus dibeli H-1 sebelum kepulangan dan diletakkan di lemari pendingin dulu sebelum dimasukkan ke koper pada hari H kepulangan, jangan lupa dibungkus kantong plastik untuk menghindari kebocoran/tumpah. Dan saat tiba di Indonesia, segera konsumsi susu tersebut atau letakkan di lemari pendingin hingga mendekati expired date.

Yang Ringan dan Enak di BinDawood

Al Batal Popcorn

Penasaran dengan aneka snack Arab, saya pun tertarik membeli popcorn berlabel Al Batal (baca: Al Batol) yang kemasannya cukup besar. Ada 3 rasa yang ditawarkan, yaitu cheesse, hot chilli dan butter. Saya memilih rasa keju. Harga popcorn ini sekitar 7 SAR.

Menurut saya, popcorn ini kurang garing. Bubuk kejunya tidak tebal tapi ternyata rasanya enak, bahkan rasa kejunya merata di setiap butiran popcorn. Dijamin, makan kuliner Arab satu ini tak bikin sakit tenggorokan.

Lays

Makanan ringan lainnya yang saya coba adalah kripik kentang Lays. Merk produk asal negara Paman Sam ini memang sudah mendunia dan di Saudi juga diproduksi di Jeddah. Sekali lagi pilihan saya jatuh pada rasa keju, french cheesse.

Kripik kentang Lays mirip dengan keripik kentang homemade yang berwarna kecoklatan. Sama dengan Al Batal Popcorn, bubuk kejunya tipis menyelimuti kripik kentangnya. Rasa kejunya juga ringan, tidak dominan. Dan after taste-nya saya merasakan ada sedikit rasa bawang. Harga Lays Potato Chips ini 6 SAR.

Ulker Deluxe Wafer

Saat di Turki saya tidak sempat membeli coklat merk Ulker asli Turki, yang katanya enak. Ternyata di BinDawood ada produk-produk Ulker tapi bukan berupa coklat melainkan wafer dan biskuit. Saya membeli Ulker Deluxe Wafer rasa hazelnut. 

Sebungkusnya berisi 10 potong wafer kecil, tapi rasanya besar alias enak. Hazelnut-nya berasa banget, dan wafernya pun renyah namun lembut. Pecaaah!

Bagi pecinta makanan seperti saya, pergi ke BinDawood seperti menemukan harta karun, banyak makanan dan minuman yang unik, yang rasanya enak dan enak banget. Tak hanya kuliner Arab asli, dari beberapa negara lainnya pun tersedia di sini. Dan semua ini Insya Allah terjamin kehalalannya. Demikian juga dengan kualitasnya yang tidak menggunakan bahan pengawet dan bahan perasa secara berlebihan.

Baca juga kuliner Turki yang tak boleh dilewatkan.

-SQ-

 

Kuliks sedang mencari oleh-oleh Arab atau ingin mencicipi kuliner Arab? Bee Shop menyediakan aneka oleh-oleh Arab spesial, antara lain :
1. Roti 7 Days rasa coklat (stok terbatas ya)
2. Kurma Ajwa atau Kurma Nabi kualitas super
3. Kurma Sukary atau Kurma Raja

Info harga dan pemesanan dapat menghubungi WA di 0818 530990.
Pengiriman dari Depok dapat menggunakan ojek online ataupun ekpedisi ke seluruh Indonesia.

Ada komentar? Silakan...