Belajar Cerdas dengan Fitur Baru Ruangbelajar

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan. Faktor yang pertama adalah genetik atau bawaan sejak lahir. Kedua, cerdas juga dapat dibangun dengan stimulasi lingkungan atau melalui pembelajaran (pendidikan). Ketiga, melalui berbagai penelitian ilmiah, nutrisi dan pola makan juga berperan penting untuk peningkatan kecerdasan otak.

Pertama bahas makanan dulu yuk. Mau tau, apa saja makanan yang membuat otak cerdas?

Rekomendasi Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan

Berikut 4 sumber makanan yang bermanfaat menunjang kesehatan dan kecerdasan otak.

1. Sumber karbohidrat kompleks

Salah satu pemasok bahan bakar otak adalah karbohidrat kompleks. Misalnya beras merah, biji-bijian, kacang-kacangan.

2. Sumber protein

Protein termasuk sumber makanan otak yang penting karena dii dalam tubuh, protein diubah menjadi neurotransmitter yang memproses informasi. Makanan sumber protein utama, di antaranya adalah daging bebas lemak, ikan, telur unggas, keju, susu.

3. Sumber lemak cerdas

Asam lemak Omega-3 dan Omega-6 diketahui sangat penting bagi kesehatan sel dan saraf otak. Lemak ini di antaranya bermanfaat untuk pertumbuhan dan kerja otak, serta membantu proses belajar. Sumber makanan Omega-3 misalnya ikan mackerel, ikan sarden dan salmon. Sedangkan  makanan sumber Omega-6 contohnya hazelnut, minyak wijen, minyak biji bunga matahari.

4. Sumber flavonoid

Makanan yang mengandung flavonoid diyakini dapat melindungi sel saraf dan otak secara maksimal, selain fungsinya sebagai anti oksidan. Contoh sumber makanan yang mengandung zat ini umumnya ada pada buah dan sayuran seperti brokoli, blueberry, teh hijau, coklat hitam.

Belajar di Rumah Bersama Ruangbelajar

Setelah asupan nutrisi terpenuhi untuk kesehatan dan kecerdasan otak, maka saatnya otak distimulasi dengan belajar. Meski pandemi belum berakhir dan kita harus tetap di rumah saja, tapi belajar harus tetap jalan terus.

Bicara soal belajar, Kuliks tau gak aplikasi belajar daring buatan anak Bangsa yang sudah tidak asing lagi di kalangan pelajar? Yup, Ruangguru. Nah, salah satu produk layanan belajar yang dirilis Ruangguru adalah Ruangbelajar.  Layanan belajar online terbaik ini memiliki tutor ahli pilihan yang mengajarkan setiap materi pelajaran dengan cara asik, lebih mudah dan efektif melalui video.

Ruangbelajar-di-laptop
Ruangbelajar di Laptop

Di Ruangbelajar, ada lebih dari 30 ribu video belajar beranimasi, 200.000 latihan soal dan pembahasan, serta ribuan rangkuman modul yang disajikan dengan visual menarik untuk pelajar seluruh tingkat SD, SMP maupun SMA. Siswa bisa memilih kelas dan mata pelajaran yang diminati serta sub topik yang akan dipelajari. Belajar bersama platform daring ini menyenangkan, karena bisa diakses di mana saja dan kapan saja lewat aplikasi di ponsel maupun laptop/PC.

Apa saja fitur Ruangbelajar?

Ruangbelajar terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur yang terdepan untuk membantu pelajar Indonesia semangat belajar, produktif dan berprestasi meskipun di masa pandemi.

Fitur-fitur yang ada pada bimbingan belajar ini adalah :

  • Puluhan ribu video belajar beranimasi

Beragam materi pelajaran dalam bentuk animasi tentu akan membuat para siswa lebih mudah memahami pelajaran. Animasi yang keren juga bikin suasana belajar jadi lebih seru dan membuat bersemangat.

video-animasi-ruangbelajar
Video animasi pelajaran
  • Bank Soal, Latihan Bab, Asah Otak, dan Kuis

Latihan soal dan kuis ini berasal dari materi yang disampaikan oleh para tutor dalam video yang telah ditonton sehingga dapat mengukur pemahaman terhadap materi yang dipelajari. Asiknya, ada pembahasan dari setiap soal yang dijawab, sehingga jika salah dalam menjawab, siswa mendapat penjelasan yang tepat mengenai soal tersebut.

  • Rangkuman

Ruangbelajar merangkum semua pembahasan yang dipelajari siswa. Sehingga jika ingin mengingat kembali, poin-poin penting pelajaran sudah tersedia otomatis.

  • Bisa diunduh dan diakses offline

Materi belajar di Ruangbelajar dapat diunduh, sehingga sewaktu-waktu akan dipelajari lagi, materi tersebut bisa diakses offline. Hemat kuota kan?

  • Jadwal belajar

Jadwal belajar memungkinkan siswa untuk menyusun jadwal mata pelajaran. Bisa dibuat secara instan atau pengisian jadwal sendiri.

Fitur-jadwal-belajar
Fitur Jadwal Belajar
  • Laporan belajar

Fitur ini berisi perkembangan dan aktivitas belajar siswa. Berapa video yang ditonton, berapa lama waktu belajar, berapa banyak latihan soal dikerjakan, dan rata-rata nilai latihan bisa terlihat di sini.

Awal bulan Juli 2021 ini, Ruangbelajar akan menghadirkan fitur-fitur terbaru yang makin menarik. Ini dia fiturnya.

  • Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan dan kecepatan belajarnya. Dengan demikian, siswa dipastikan memahami materi yang dipilih sebelum lanjut ke bagian berikutnya.

  • Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan siswa untuk menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya). Rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa atau sesuai dengan jadwal di sekolah. Selain itu, fitur ini juga memberikan cara yang lebih mudah untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti. 

  • Subtitle Video

Subtitle atau transkrip dapat membantu siswa untuk merekam video pembelajaran mereka lebih banyak, kata demi kata. Dengan demikian konten dapat dipahami secara mendetail selama menonton video, tanpa  melewatkan poin penting.

  • Fitur Pencarian

Fungsi pencarian adalah cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran yang diinginkan.

  • Pet Mission

Misi game hewan peliharaan ini adalah adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika siswa menyelesaikan 4 misi dalam  1 minggu, maka akan mendapat 1 batu evolusi hewan peliharaan. Untuk yang suka nge-game, permainan ini bikin tambah semangat belajar

  • Tes Minat Bakat

Tes minat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC (Realistic, Investigative, Artistic), yang sesuai dengan diri, dengan menampilkan hasil jurusan-jurusan sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

Wah makin komplit ya, fitur Ruangbelajar ini. Dengan memanfaatkan fitur dan teknologi terbaru ini, konten pelajaran berkualitas dapat diakses dengan mudah oleh pelajar di seluruh Indonesia, guna menunjang pembelajarannya di sekolah. Dengan demikian siswa menjadi lebih baik dari segi nilai. Dari sisi karakter, platform ini bisa berperan juga dalam melatih kebiasaan belajar, mengasah kemampuan maupun perencanaan.

Yuk, unduh aplikasinya. Sedang banyak diskon untuk paket belajarnya lho.

aplikasi-ruangbelajar
Aplikasi Ruangbelajar by Ruangguru

5 komentar pada “Belajar Cerdas dengan Fitur Baru Ruangbelajar

  • Juli 6, 2021 pada 5:24 pm
    Permalink

    Ruangbelajar di ruangguru ini lengkap banget ya fitur2nya, gak heran deh semakin banyak yang unduh aplikasi kece ini, karena buat anak jadi semangat belajar ya kan 🙂

    Balas
  • Juli 6, 2021 pada 6:34 pm
    Permalink

    Memang harus seimbang, ya, antara nutrisi otak dari makanan dan pembelajaran. No wonder, deh, ruangguru jadi aplikasi belajar yang terdepan, fiturnya juga lengkap gitu.

    Balas
  • Juli 6, 2021 pada 9:45 pm
    Permalink

    Makin lengkap aja fitur ruangguru jadi makin mudah utk anak2 mendapatkan sumber ilmu. Ada diskon buat langganan lagi.

    Balas
    • Juli 7, 2021 pada 11:34 am
      Permalink

      Bener bener ruang guru bisa menjawab akan kebutuhan konsumen apalagi dimasa pandemi seperti ini, sukakkk dengan ruang guru

      Balas
  • Juli 7, 2021 pada 1:39 pm
    Permalink

    Senengnya tuh bisa diakses online ya mba jadi biaya quota bisa lebih hemat. Mantap ruangguru ini

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *