Top 5 Kuliner Khas Aceh yang Tak Boleh Dilewatkan

Aceh (Nanggroe Aceh Darussalam) tak hanya dikenal sebagai Serambi Mekkah, penghasil bijih kopi istimewa, provinsi yang terletak paling Barat wilayah NKRI ini juga memiliki potensi wisata alam, sejarah, budaya, dan kuliner khas Aceh yang menggoda.

Kalau Kuliks berkunjung ke Aceh, rasanya wajib mencicipi aneka makanan khas di sana yang terkenal lezat dan kaya rempah. Apa saja, ya? Yuk, intip berikut ini.

5 Makanan Khas Aceh yang Paling Terkenal
1. Ayam Tangkap

Hidangan khas ini mudah ditemukan di Banda Aceh dan Aceh Besar. Ayam Tangkap merupakan salah satu menu yang harus Kuliks cicipi saat berkunjung ke Aceh.

Berupa potongan ayam kampung yang dimasak dengan cabai hijau, pandan dan daun kari, rasa ayam tangkap ini begitu menggiurkan dengan aroma menggoda.

2. Bu Sie Itek

Kuliner khas Aceh yang tak kalah nikmat adalah Bu Sie Itek atau nasi gulai bebek. Kuah kari dengan rempah-rempah yang enak merendam daging bebek gurih, bisa dirasakan pada menu ini.

Ada dua varian Bu Sie Itek yang bisa dicoba loh, yaitu Bu Sie Itek Puteh yang mirip opor ayam serta Bu Sie Itek Meurah  bagi yang suka rasa lebih pedas.

3. Mie Aceh

Kuliner primadona khas Aceh yang paling bikin ketagihan adalah Mie Aceh. Mie khas berdiameter tebal ini dimasak dengan direbus atau digoreng, dengan kuah kari dan bumbu rempah kental yang mantap banget.

Mie Aceh memang banyak ditemui juga di resto atau warung makan khas Aceh di berbagai kota. Namun, mencicipi menu yang telah mendunia ini di daerah asalnya, pasti lebih istimewa.

5. Sate Matang

Berasal dari Kabupaten Bireuen Aceh, Sate Matang menjadi kuliner khas Aceh yang bisa ditemukan di sudut mana saja di Aceh. Sate Matang berbeda dengan variasi sate bumbu kecap atau kacang yang umum di Indonesia. Kuliks bakal menemukan penyajian daging sate yang unik, yaitu dengan disiram kuah soto super lezat.

5. Nasi gurih

Kuliner khas Aceh yang juga banyak digilai pelancong adalah Nasi Gurih yang menggunakan bumbu rempah khas. Aroma nasi yang begitu gurih dan wangi sebab ditanak dengan santan kelapa dengan bumbu rempah, benar-benar menggoda selera. Beberapa lauk yang biasanya menemani kuliner ini yaitu telur, ikan goreng, sayur, ikan lado dan sambal.

Wah, kalau lihat aneka makanan di atas bikin ngiler ya… ini juga bukti kekayaan khasanah budaya dan kuliner di Nusantara. Tentu masih ada banyak menu makanan khas di Tanah Rencong yang akan membuat lidah enggan berhenti bergoyang. Tapi, 5 kuliner khas Aceh di atas jangan sampai terlewatkan saat berkunjung ke provinsi yang memiliki otonomi khusus itu.

-Cemil-

*Sumber gambar : Detik Food & BBC Indonesia

Ada komentar? Silakan...