Puding Tape Ketan Hijau, Dessert Cantik dan Menyegarkan

Tape ketan merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Terbuat dari beras ketan, tape ketan ada yang berwarna hitam ada juga hijau. Yang hijau biasanya dicampur pandan yang memberi warna hijau alami pada makanan. Beberapa daerah di Jawa dan Kalimantan punya cara sendiri untuk membuat makanan fermentasi ini. Rasa manis dan asam yang unik dan khas, membuat makanan ini nikmat dimakan dingin untuk camilan maupun dessert.

Buat para penggemarnya, tape ketan dimakan begitu saja juga menyegarkan. Tapi makanan ini dapat juga dikreasikan menjadi hidangan yang lebih menggoda selera, seperti campuran cake, minuman wedang, es tape ketan ataupun  puding tape ketan.  Kreasi berbahan tape ketan ini biasanya tetap mempertahankan rasa tape yang enak.

Kali ini saya akan share cara membuat Puding Tape Ketan Hijau, dessert cantik yang menyegarkan. Segar tape ketan berpadu dengan puding agar-agar, yummySegernya dobel! Rasanya pun lebih bervariasi di lidah, karena menggunakan santan yang memberi nuansa gurih pada hidangan ini.

Supaya tampilannya cantik, gunakan agar-agar tak berwarna (transparan) ya. Ini membuat puding menarik seperti kaca serta tetap menonjolkan warna dan bentuk tape ketannya.

Yuk disimak resepnya…

Resep Puding Tape Ketan Hijau

Bahan-Bahan

  • 1 bks agar-agar warna transparan/ hijau
  • 6 sdm gula pasir
  • ¼ sdt garam
  • 1 bks santan instan
  • 1 sdm fiber creme
  • 850 ml air
  • 8 bks daun tape ketan
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Puding Tape Ketan Hijau

  1. Campur agar-agar, gula pasir dan garam dalam panci
  2. Tambahkan santan, air, fiber creme dan daun pandan
  3. Masak di atas api kecil sambil sesekali diaduk
  4. Saat adonan puding akan matang, masukkan tape ketan
  5. Matikan api saat adonan puding mulai mendidih
  6. Jika uap telah berkurang tuang puding ke dalam cetakan puding yang telah dibasahi air
    sebelumnya

Note :
Saat puding mulai dingin, santan dan tape ketan akan terpisah. Dengan begitu, tampilan puding akan tampak menjadi 2 lapis, yaitu lapisan bening yang ada tape ketannya dan lapisan santan. Tampilan 2 lapis puding ini menambah cantik hidangan.

-SQ-

Baca juga resep puding segar lainnya : Puding Mozaik, Puding Cake.

Ada komentar? Silakan...