Kreasi Tiwul Modern Ala Thiwul Ayu Mbok Sum

Kreasi kuliner tradisional menjadi kuliner modern, di berbagai daerah semakin marak, meramaikan perkembangan kuliner setempat. Kreasi ini baik dari segi kemasan, bentuk, variasi rasa, maupun pengolahan. Di Jogja misalnya, saat ini ada gudeg kalengan, bakpia kukus, cake tape kekinian, ada juga tiwul ayu yang modern.

Tiwul adalah penganan tradisonal pengganti nasi yang sering dijumpai di daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Tiwul terbuat dari gaplek atau ketela pohon yang dikeringkan, kemudian diproses menjadi tepung. Tepung inilah yang kemudian dikukus bersama dengan kelapa parut.

Seiring dengan perkembangan kuliner, tiwul yang dulunya merupakan makanan tradisional ini dikreasikan dengan penambahan berbagai varian rasa. Thiwul Ayu Mbok Sum lah pelopor tiwul kekinian ini.

Pada awal usaha dirintis, tiwul yang dijual hanya tiwul yang ditaburi gula pasir. Kini rasanya bervariasi. Selain tiwul gula pasir ada pula varian rasa gula Jawa, coklat, keju dan nangka. Bahkan pada musim tertentu, ada varian rasa strawberry dan nanas.

tiwul-ayu-mbok-sum

Thiwul ayu Mbok Sum sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan. Mengingat lokasi outlet-nya yang terletak di daerah Dlingo, dekat dengan kawasan wisata hutan pinus dan taman buah Mangunan. Selain itu, harganya yang murah juga menjadi alasan tiwul ini diminati. Satu kardus tiwul harganya sekitar Rp 10.000, tergantung varian rasa yang dipilih.

Aneka Rasa Thiwul Ayu Mbok Sum yang Lembut

Thiwul Ayu Mbok Sum teksturnya sangat lembut dan pulen, tidak seperti tiwul kebanyakan yang teksturnya agak bergumpal. Warna tiwulnya pun agak putih, bukan coklat seperti tiwul pada umumnya. Saya pribadi lebih menyukai tekstur tiwul yang asli, yang lebih kasar dan bergumpal.

tiwul-ayu-mbok-sum-kuliner-asyik

Saya sempat membeli tiwul rasa keju, coklat dan gula jawa. Pada tiwul rasa coklat dan gula jawa, toppingnya dicampur dalam adonan tiwul sehingga penampilan tiwul menjadi becorak. Sedangkan tiwul keju, parutan keju ditaburkan diatas tiwul.

tiwul-ayu-mbok-sum-kuliner-asyik

Dari ketiga rasa tersebut, yang saya suka adalah rasa gula Jawa. Rasa manis dari gula Jawa berpadu pas dengan rasa tiwul yang gurih. Untuk tiwul keju, rasa yang dominan adalah rasa gurih.

Karena tidak menggunakan bahan pengawet, Thiwul Ayu Mbok Sum ini hanya dapat dikonsumsi dalam waktu 24 jam saja.

-SQ-

Review Thiwul Ayu Mbok Sum
  • Kemasan
  • Tampilan
  • Rasa
  • Harga
3.5

Ada komentar? Silakan...